cerita

Berikut Ini Manfaat Menceritakan Cerita Rakyat Kepada Si Kecil!

Tahukah anda jika membaca cerita atau dongeng menjadi hal menarik untuk anak-anak? Khususnya untuk anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Selain sebagai sarana hiburan yang menarik, membaca cerita akan menciptakan waktu yang berkualitas antara anak dan orang tua. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama si kecil pada saat senggang atau menjelang tidur. Anda bisa memulainya dengan menceritakan cerita rakyat Nusantara agar si kecil bisa mengenal budaya asal Negaranya. Alangkah lebih baik jika pada saat masa-masa pertumbuhan anak lebih banyak diberikan pelajaran yang bermanfaat seperti ini dibandingkan dengan memberikannya gadget sebagai sarana hiburannya.

Banyak sekali cerita rakyat yang bisa diceritakan kepada si kecil, si kecil juga akan mendapatkan pesan-pesan moral yang akan berguna untuk kehidupannya di masa mendatang. Misalnya saja anda menceritakan tentang kisah Malin Kundang, selain menarik dan menyenangkan, anda bisa memberitahukan tentang pesan-pesan yang terkandung dalam cerita tersebut agar bisa dicontoh oleh anak anda. Adapun pesan-pesan moral yang bisa diambil dari cerita Malin Kundang adalah selalu menghormati dan menghargai orang tua, berbakti kepada orang tua, tidak menjadi anak yang durhaka, dan tidak mudah tergiur dengan kesombongan serta keangkuhan karena hanya akan membawa celaka.

Inilah Manfaat Membaca Cerita Untuk Si Kecil Yang Wajib Anda Ketahui!

Sebagai orang tua, anda tentu ingin dekat dengan buah hati anda bukan? Nah anda bisa membaca cerita merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mempererat ikatan bagi anak dan orang tua. Jika tidak ada buku yang bisa dibaca bersama, anda bisa menceritakan cerita rakyat yang pasti sudah anda hapalkan sejak dulu. Berikut ini manfaat membaca cerita untuk si kecil :

  1. Melatih konsentrasi;
  2. Mengasah ketajaman memori atau daya ingat anak;
  3. Mengembangkan kemampuan pemahaman berbahasa;
  4. Menumbuhkan minat baca yang tinggi;
  5. Menumbuhkan keterampilan untuk berpikir kritis;
  6. Meningkatkan keterampilan bicara anak;
  7. Merangsang imajinasi dan kreatifitas;
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral;
  9. Mempelajari dan memahami berbagai budaya;
  10. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*